Ini Rahasia Trump Kalahkan Hillary di Medsos

6:52 PM kopipaste 0 Comments



Keberhasilan Donald Trump memenangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) ternyata tak terlepas dari strategi kampanyenya di media sosial yang jauh lebih agresif dibandingkan Hillary Clinton.

Hal itu dipaparkan oleh sebuah lembaga riset bernama Project on Computational Propaganda. Studinya menemukan sebanyak 18,9 juta kicauan dengan hashtag berbau politik sepanjang kampanye pemilihan Presiden AS berlangsung. Dan diketahui kalau 17,9% di antaranya merupakan kicauan yang berasal dari 'automated accounts' yang dikenal sebagai bot.

Tak tanggung-tanggung, dalam sehari akun bot tersebut bisa melontarkan kicauan berbau politik hingga 50 kali. Bahkan persentasenya disebut meningkat hingga menyentuh angka 27% jelang pemilihan umum dimulai. Pencapaian itu pun menjadikannya sebagai penggunaan bot tertinggi sepanjang sejarah Twitter.

Bila dirinci, kicauan soal Trump paling mendominasi. Dibanding kicauan berisi Hillary, Kicauan dukungan terhadap Trump bisa empat kali lebih banyak. Gampangnya, tiap satu kicauan Hillary akan dibalas dengan empat kicauan Trump. Secara angka, kicauan soal Trump mendominasi hingga 81,9%.

Sumber :
https://inet.detik.com/read/2016/11/21/162250/3350567/398/ini-rahasia-trump-kalahkan-hillary-di-medsos

0 comments: