Apple bakal pindahkan produksi iPhone ke Amerika Serikat?

6:32 PM kopipaste 0 Comments





Apple dikabarkan tengah berdiskusi dengan dua partner pabrikannya, Foxconn dan Pegatron. Diskusi tersebut mambahas terkait pemindahan pabrik ke Amerika Serikat. Sebagaimana diketahui, Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump saat kampanyenya mengatakan akan meminta Apple untuk mulai membangun pabrik komputernya dan semuanya di Amerika Serikat, bukan di luar negeri.
Dilaporkan ulang oleh The Verge dari Koran asal Jepang Nikkei, Jumat (18/11), berdasarkan sumber yang diperolehnya menyebutkan bahwa Foxconn nampaknya akan menjajaki kemungkinan tersebut. Namun lain hal dengan Pegatron. Pegatron justru memilih angkat tangan lantaran khawatir soal biaya.
Masih dari sumber yang sama, langkah memindahkan produksi terutama produk iPhone ke Amerika Serikat akan menimbulkan gejolak biaya produksi yang meningkat. Peningkatan biaya produksi itu digadang-gadang bisa mencapai hampir 50 persen. Masalahnya adalah sebagian besar dari pemasok Apple berada di kawasan Asia.

Sebetulnya, jauh dari rencana itu, Motorola juga sempat mencoba untuk memindahkan pabriknya ke Amerika Serikat, namun sayangnya hal itu berakhir sia-sia. Di tahun 2014, Motorola resmi menutup pabriknya lantaran biaya.
Sejatinya, Apple telah membuat beberapa upaya dalam membawa produksi hardware-nya kembali ke Amerika di masa lalu, terutama, Mac Pro pada 2013. Saat itu perusahaan menginvestasikan lebih dari USD100 juta dolar untuk memulai produksi. Akan tetapi, ini berbeda saat merelokasi manufaktur iPhone ke Amerika Serikat.

Sumber :
https://www.merdeka.com/teknologi/apple-bakal-pindahkan-produksi-iphone-ke-amerika-serikat.html
 

0 comments: